--> Skip to main content

Berolahraga mandiri di tengah pandemic. Inilah manfaat dari pemanasan sebelum olahraga.

Salah satu cara untuk menjaga kondisi tubuh adalah dengan berolahraga. Karena dengan berolahraga bisa memperkuat ketahanan tubuh dan menjauhkan kita dari paparan penyakit terlebih di masa new normal seperti ini, olahraga harus menjadi jadwal rutin minimal seminggu sekali.

Dengan kondisi sekarang, berkelompok menjadi hal yang harus dihindari untuk menjauhkan kita dari terkenanya wabah covid-19. Ada banyak jenis olahraga mandiri yang bisa kita lakukan sendiri tanpa harus keluar rumah atau berkelompok. Tapi jangan lupa sebelum olahraga kita harus melakukan pemasanan terlebih dahulu, karena dengan pemanasan kita seperti mempersiapkan jantung, paru-paru, otot-otot, sendi dan tulang untuk melakukan gerakan olahraga dan menghindari dari resiko cedera atau kram otot.


manfaat pemanasan sebelum olahraga
manfaat pemanasan sebelum olahraga. image from istockphoto.com

Mari kita ketahui pentingnya pemanasan sebelum olahraga :

1.       Membuat otot lebih fleksibel.

Dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga akan membuat otot-otot kita lebih fleksible dan siap untuk melakukan Gerakan-gerakan olahraga. Bahkan hal ini juga akan mencegah terjadinya kram otot atau cidera olahraga.

2.       Mengurangi resiko cidera

Seperti yang sudah dituliskan diatas bahwa manfaat pemanasan sebelum olahraga juga bertujuan untuk mengurangi resiko cidera pada otot. Karena saat pemanasan otot sudah mempersiapkan kondisinya sebelum mendapatkan beban Ketika berolahraga.

3.       Mempersiapkan suhu tubuh

Ketika kita berolahraga tentu suhu tubuh akan meningkat dan manfaat dari pemanasan ini adalah mengatur suhu tubuh agar tidak kaget dengan meningkatnya suhu tubuh secara tiba-tiba.

4.       Mempersiapkan hormon pembuat energi.

Saat kita berolahraga membutuhkan energi yang lebih besar dari saat beraktifitas normal dan untuk menunjang kebutuhan energi itu, hormon kortisol dan epinefrin bertanggung jawab untuk mengatur energi yang yang dibutuhkan oleh tubuh kita.  Karbohidrat dan lemak yang ada didalam tubuh kita akan di rubahnya menjadi energi sehingga kita bisa dan kuat melakkan gerakan olahraga.

5.       Meningkatkan aliran darah ke otot dan sendi

Pemanasan yang baik juga ternyata bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otot. Dengan sirkulasi yang baik tentu sendi juga akan lebih baik dan lancer melakukan Gerakan-gerakan olahraga.

 

Dalam melakukan pemanasan sebelum olahraga juga tentu ada hal yang harus diperhatikan. Tidak asal bergerak dan berkeringat, tapi juga harus ada tujuan bahkan tips melakukan Gerakan pemanasan agar apa yang kita lakukan benar dan tidak menjadi melakukan hal yang beresiko.

 

Tips melakukan pemanasan sebelum olahraga.

·       Lakukan dengan singkat 5-10 menit

Lakukan Gerakan pemanasan ringan seperti menggerakan leher, kepala, pergelangan tangan, otot punggung dan kaki. Lakukan semua Gerakan pemanasan ini kurang lebih 5-10 menit saja, jangan terlalu lama dan jangan terlalu sebentarz. Gerakan pemanasan yang terlalu lama justru akan menguras lebih banyak tenaga dan nanti di Gerakan intinya malah menjadi kurang bertenaga lagi. Waktu pemanasan yang terlalu singkat juga akan membuat otot kita tidak bergerak semuanya. Masih ada sendi-sendi yang belum bergerak dan belum siap untuk melakukan Gerakan inti.

·       Lakukan pemanasan mulai dari atas ke bawah.

Lakukan pemanasan yang beruntun mulai dari atas kepala hingga ke kaki secara berurutan untuk menyesuaikan otot kita dari yang paling mudah. Hal ini bertujuan juga untuk melancarkan aliran darah dan udara. Dan juga bertujuan agar semua bagian tubuh mengalami peregangan otot agar tidak kaget saat nanti olahraga.

·       Pemanasan dengan Gerakan dinamis

Hindari pemanasan dengan Gerakan statis= Gerakan yang sama karena justru akan membuat kita lebih gampang cidera karena tarikan secara berulang. Lebih baik Gerakan DInamis, jadi seluruh bagian tubuh mengalami pemanasan.

·       Lakukan dengan hitungan

Biasakan melakukan pemanasan dengan cara berhitung pada setiap Gerakan, hal ini juga bertujuan agar lamanya setiap Gerakan akan sama dan otot juga mengalami peregangan dalam  waktu yang sama, tidak ada bagian yang sebentar dan yang lama.

 

Setelah kita mengentahui fungsi dari pemanasan itu dilakukan untuk apa dan tips saat melakukan olahraga, mungkin ada baiknya kita juga mengetahui Gerakan-gerakan pemanasan yang biasa kita lakukan. Diantarnya :

1.       Memutar kepala searah jarum jam, Lakukan ini selama 8 hitungan dan ulangi pada arah lainnya. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi otak, detak jantung, dan penyerapan oksigen untuk membantu melakukan kegiatan olahraga yang prima.

2.       Memutar bahu. Putar bahu kearah depan dan belakang secara bergantian dengan masing-masing 8 hitungan.

3.       Memutar kedua tangan. Rentangkan tangan dan putar lengan kita kearah depan dan belakang secara bergantian dengan masing-masing 8 hitungan.

4.       Memutar pinggang dengan Gerakan 8 hitungan searah jarum jam dan Gerakan kedua kearah sebaliknya. Gerakan ini bertujuan untuk melenturkan otot pinggang dan perut.

5.       Memutar lutut. Gerakan ini dengan cara memegang lutut dan sedikit di tekuk lalu putarkan searah jarum jam dan kebalikannya.

6.       Merenggangkan pergelangan kaki. Lakukan dengan bergantian kanan dan kiri.

7.       Menekukan tubuh ke depan dan belakang. Hal ini juga dilakukan untuk merenggangkan sendi-sendi tulang belakang.

 

Semoga bermanfaat.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar