--> Skip to main content

Overheat, tabung reservoir cadangan radiator meluap. Karena apa ya?

Sebuah pertanyaan dari seorang member group Nissan grand Livina menuliskan bahwa mobilnya tiba-tiba overheat dan tabung cadangan air radiator atau reservoir meluap.

Untuk mengetahui hal dan penyebab overheat pada mobil grand Livina atau mobil lainnya ada beberapa hal yang harus kita cek 1 persatu, yaitu.

1. Cek radiator.
Hal yang harus kita cek adalah radiatornya apakah ada kebocoran atau tidak? Jika ya, silahkan sisihkan uang jajan untuk membeli radiator baru. Karena bocor pada radiator jika di service maka tidak akan bertahan lama.

2. Cek extra Fan.
Extra fannya silahkan di cek dulu, apakah mati atau tidak berfungsi karena hal lain seperti thermostat yang rusak.

3. Cek thermostat.
Setingan setiap thermostat berbeda-beda, ada yang aktif di 80 derajat, ada yang90 derajat, atau bahkan sampai 100 derajat. Cek apakah memang rusak atau hanya buntu atau mampet.

4. Cek waterpump, pompa air.
Waterpump yang sudah memasuki usia lanjut biasanya mempunyai masalah pada kipasnya yang sudah mulai rompal. Hal lain yang menjadi indikasi rusak waterpump adalah mobil harus digas lebih banyak untuk menurunkan suhu karena kipasnya ga maksimal.

Nah, dengan masalah overheat yang terjadi silahkan cek 4 hal diatas.bisa jadi salah satunya adalah penyebab dari overheat tersebut.

Semoga berguna.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar