--> Skip to main content

Ganti oli mesin langsung berwarna hitam. Aman kah?

Ganti oli mesin pada mobil umumnya menggunakan patokan jarak tempuh dalam kilometer. Ada yang ganti oli per 5000km ada yang 10000 kilometer, tergantung dari pemilik dan jenis oli yang digunakan.

Ganti oli mesin langsung berwarna hitam
Ganti oli yang benar


Pada saat mengganti oli mesin yang awalnya saat dituang berwarna bening atau kuning setelah di nyalakan mesin dan cek depstik oli kenapa jadi hitam. Mungkinkah korban oli palsu?


Jangan khawatir dulu om bro.

Oli yang kita masukan kedalam mesin memang awalnya berwarna bening tidak keruh atau hitam, tapi sesaat setelah mesin dinyalakan dan di cek lagi warna oli kenapa jadi keruh? 


Menurut beberapa ahli menyebutkan bahwa hal tersebut normal-normal saja, karena pada saat mesin menyala, oli akan menyebar keseluruh bagian mesin dan memasuki celah celah sempit. Karena kandungan dalam oli sebenarnya ada detergen atau cleaner. Jadi celah celah sempit yang mungkin ada kerak yang menempel sisa yang tidak turun dan terbuang saat ganti oli tersebutlah yang menjadikan oli baru kita berwarna hitam atau keruh.


Apakah hal tersebut baik?

bisa dikatakan baik, berarti zat yang terkandung didalam oli tersebut bekerja dengan baik dan bisa membersihkan bagian-bagian yang mempunyai kerak dan akan tersaring di filter oli.


itulah mengapa setelah 2x ganti oli di sarankan untuk ganti filter oli juga, karena kerak yang dari mesin tersaring didalam filter oli tersebut.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar