--> Skip to main content

Pake varfum mobil di kisi AC, ternyata ada dampak seperti ini loh.

Memasuki kabin mobil tentu semua orang akan berharap mendapatkan suasana segar dan tidak bau. Untuk hal tersebut banyak dari pengguna mobil yang memasangkan pewangi mobil didalam mobilnya. Entah yang berbau bunga, buah atau wangi parfum yang membuat betah didalam mobil.


untuk posisi pasangnya juga banyak tempat yang bisa dipasangkan parfum mobil. Bisa di ganti di spion tengah, di gantung di pegangan tangan kanan kiri penumpang, atau di jepit diantara kisi ac agar terhembus angin dari AC.

dampak menggunakan parfum mobil di kisi ac
dampak menggunakan parfum mobil di kisi ac


Tapi, apakah ada dampak yang harus kita khawatirkan dengan memasang pewangi mobil?


DIkutip dari kompas.com kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, mengatakan bahwa parfum mobil yang cara pakainya ditempel pada kisi-kisi AC memiliki dampak buruk pada komponen dalam AC. Sebab, zat-zat kimia yang terkandung dalam parfum tersebut lebih mudah untuk tersedot dan masuk ke dalam evaporator.


"Tidak disarankan meletakan pewangi di ventilasi AC, apalagi yang berbahan gel dan memiliki aroma buah yang asam. Bila terus menerus digunakan, itu lama-lama membuat bahan kimia di pewangi bisa terserap ke dalam evaporator AC," kata Suparna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.


Jika zat-zat kimia dari parfum tersedot masuk ke dalam evaporator, dampaknya adalah akan timbul kerak pada pipa yang berfungsi menyalurkan udara dingin ke dalam kabin mobil.


Apabila kerak tersebut terus menumpuk, maka suplai udara dingin ke dalam kabin akan berkurang. Penumpang akan merasakan hembusan AC jadi kurang sejuk. Risiko terparah adalah evaporator bisa rusak sehingga harus dibongkar.


"Cari parfum yang biasa saja, seperti yang digantung di atas spion tengah," kata Suparna menyarankan.


Ia pun menambahkan bahwa pemasangan parfum mobil di kisi-kisi AC berisiko merusak kisi-kisi tersebut. Sebab, komponen ini tidak didesain untuk menahan beban.


Jadi, anda lebih baik menyimpan pewangi mobilnya dimana? di gantung atau di jepit di kisi AC?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar