--> Skip to main content

Baru turun mesin tapi sudah rusak lagi? Begini cara ceknya Metal duduk bagus atau rusak

Sering banget kejadian orang membeli unit mobil second dengan kondisi bagus, tapi baru beberapa waktu malah rusak dan kerusakannya adalah karena memang akal-akalan dari bengkel sebelumnya, Seperti yang terjadi pada salah satu unit Captiva ini. Baru saja 3 minggu menikmati enaknya mobil eh malah rusak dan harus turun mesin dan jajan besar.

Kejadian seperti ini yang menjadikan orang kapok memelihara sebuah kendaraan, apapun itu. Cap mobil rusakan dengan predikat biaya mahal jadi makin kuat paradigmanya.

Atau ada juga kejadian mobil baru turun mesin, di bawa pulang malah rusak dan makin parah. Hal ini bisa jadi karena kualitas sparepart yang kurang baik atau bisa juga karena pengerjaan yang kurang baik.

Jadi ini mobil sebelumnya baru saja turun mesin, tapi yang handling sebelumnya mungkin berusaha ngakalin metal duduk dengan caranya agar mobil bisa jalan. Kalau dilihat dari foto dibawah ini terlihat bahwa ini metal duduk Chevrolet Captiva di las ke bloknya. Asli aneh pemikirannya seperti apa.

Begini cara ceknya Metal duduk chevrolet captiva
Metal duduk Chevrolet Captiva di Las?


Pas baru naik mesin mungkin bisa jalan dan tidak terasa langsung, tapi tunggu beberapa waktu hingga saatnya harus turun mesin lagi bahkan mungkin bisa jadi sodakoh lebih besar kepada bengkel. Karena mau ga mau biaya jadi bengkak. ganti shortblok.

Untuk kita-kita yang baru saja turun mesin ganti metal-metal (entah jalan atau duduk) atau baru saja membeli mobil baru yang katanya mulus coba di tes saja langkah dibawah ini untuk mengetahui bahwa mobil kita ini mempunyai masalah failure engine. Karena semulus apapun ngakalin metal duduk hasinya tidak akan bagus.

1. Nyalakan mesin hingga suhu mesin tercapai setengah dari yang tertera di speedometer.
2. Injak pedal gas secara perlahan sekali dari posisi idle engine di 900RPM menuju 2000 rpm. Pada angka RPM 1300 sampai 1700RPM anda dapat merasakan getaran yg agak sedikit hebat di stir dan dashboard dan getaran mesin akan mereda ketika tercapai 1900 - 2000 rpm dan hilang sama sekali pada rpm diatas 2000.
3. Kondisi seperti itu kan mirip dengan rusaknya engine mounting?
Yang membedakan getaran pada rpm diatas dengan anomali engine mounting mudah sekali bedain nya. Caranya pindah kan tuas trasnmisi dari P ke R ke D dengan ritme agak sedikit cepat dan lihat posisi mesin. Jika terjadi kerusakan pada engine mounting, posisi mesin saat tuas transmisi dipindah akan terlihat mesin bergerak naik turun maju mundur, maka bs dipastikan anomali terjadi karena engine mounting. Sederhananya saat kita berusahan menggerakan mobil, itu mesin goyang-goyang maju mundur.

Ya mungkin hal diatas jarang kejadian, tapi untuk anda yang memang berniat untuk mencari unit bagus dan bukan bagus karena akal-akalan seperti diatas. Ada baiknya untuk mengajak orang yang pengalaman terhadap mobil tersebut agar kita lebih hati-hati saja dan mendapatkan unit mobil bagus.

Jangan sampe niatnya mau punya mobil bagus malah zonk dapat unit rusak dan kapok untuk memelihara Chevrolet Captiva.

Sumber artikel : mbah Gentong Panorama Motor.

Untuk kebutuhan sparepart metal duduk Chevrolet Captiva yang diesel atau bensin FL atau NFL silahkan hubungi WA 081382239343.

Metal duduk chevrolet captiva bensin dan diesel


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar