--> Skip to main content

Pentingnya menggunakan kunci torsi saat memasang Flywheel. Over torque dan Under torque.

Pentingnya kunci torsi dalam merakit mesin


Dalam perakitan sebuah mesin atau alat mekanik tentu ada hal-hal yang harus di perhatikan terutama saat pemasangan baut karena kekencangannya harus diperhatikan. Jangan sampe terlalu longgar atau terlalu keras, karena keduanya mempunyai dampak terhadap hasil rakitnya nanti.


Seperti yang terjadi pada Flywheel Captiva dibawah ini. Karena kelebihan saat mengencangkan baut flywheel atau over torque akhirnya ambrol dan hancur seperti ini.

akibat over torque atau kekencangan memasang baut flyeheel
Flywheel hancur karena over torque.


Gejala yang keluar saat kelebihan torsi saat memasang baut flywheel adalah munculnya suara aneh yang terdengar diantara mesin dengan transmisi. Suaranya mirip-mirip dengan suara metal jalan atau metal duduk yang rusak atau ambyar. Yang membedakannya adalah kalau kerusakan pada metal jalan atau duduk suara anehnya akan terdengar di bagian mesin tengah atau bawah karena memang masalahnya disana. Sedangkan kalau flywheel yang rusak di bagian antar transmisi dan mesin.


Ada baiknya juga untuk mengganti baut Flywheel dengan yang baru agar saat pengencangan bautnya bisa maksimal dan gunakan juga kunci torsi yang masih baik dan terkalibrasi.


Fungsi Kunci Momen


Kunci moment memang tidak semua orang mempunyainya, bahkan untuk bengkel juga kunci penting seperti ini kadang tidak mempersediakannya, dan hanya menggunakan kunci filling alias perasaan saja saat mengencangkan baut dan mur. padahal fungsi dari kunci torsi ini sangat penting dan kita bisa mengetahui seberapa besar kekencangan dari mur kita. Jangan sampe over torsi atau under torsi.


Setiap mur atau baut, terutama untuk bagian mesin atau perakitan mesin mempunyai setingan kekencangan yang berbeda-beda dan tidak semua yang dipasang dengan kencang dan kuat itu bagus, justru bahkan akan membuat hancur apa yang kita pasang, seperti kasus pemasangan flywheel diatas. Hancur karena kekencangan torsi.


Dengan kunci torsi, pemasangan mur dan baut bisa pas terpasang dengan baik dan sesuai tidak terlalu kencor atau terlalu erat dan dampak dari rusaknya komponent yang kita pasang akan semakin kecil.


Untuk kunci torsi sendiri bisa menggunakan yang model jangka seperti ini atau yang digital agar lebih gampang baca angkanya.


Sumber gambar dan kasus : mbah Gentong Panorama Motor Tangerang

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar