--> Skip to main content

Tak Boleh Disepelekan, Ini Perawatan Mobil Suzuki yang Benar

Cara merawat ban mobil yang benar
Suzuki S-Cross terbaru


Ban adalah bagian dari mobil yang perannya sangat besar. Sering bergesekkan dengan aspal atau jalanan yang kurang halus membuat ban akan mudah gundul.

 

Anda bisa dengan mudah membeli ban baru di dealer resmi Suzuki Cinta Damai Putra Bahagia, tapi bukan berarti perawatannya tidak diperhatikan. Ada beberapa perawatan yang membuat bisa membuat ban mobil lebih awet, sehingga Anda tak perlu sering ganti.

 

Cara Merawat Ban Mobil Suzuki agar Lebih Awet

 

Harga ban yang tidak murah membuat Anda harus berpikir ulang untuk mengendarai mobil sembarangan. Ada beberapa perilaku pengemudi yang membuat ban cepat gundul, seperti sering mengerem mendadak atau jarang mengisi angin.

 

Perilaku buruk berkendara tersebut tentu harus dihindari, karena dampaknya tak hanya sebatas pada ban mobil tetapi juga mesin. Supaya ban mobil tetap awet Anda bisa mengikuti beberapa cara perawatan berikut ini.

 

  1. Mengecek Kondisi Ban sebelum Berkendara

Apakah setiap pagi sebelum Anda menggunakan mobil sempat untuk memanaskan selama beberapa menit? Sama seperti memanaskan mobil, Anda juga harus mengecek kondisi ban sebelum mulai jalan.

 

Cek satu per satu kondisi ban, apakah ada banyak kotoran yang menempel bahkan sampai pada bagian velg? Atau justru ada salah satu ban yang kempes? Jika iya sebaiknya segera cuci mobil atau mengisi angin bahkan mengganti dengan ban serep sebelum jalan.

 

  1. Mengecek Tekanan Angin dengan Rutin

Selain mengetahui kelayakan kondisi ban, Anda juga harus mengetahui apakah angin dari setiap ban sudah pas. Setiap ban harus memiliki tekanan yang standar sesuai jenisnya. Jangan sampai tekanan terlalu keras yang bisa mengakibatkan ban mudah pecah.

 

Sama juga dengan ban yang terlalu kempes akan membuat mobil terasa oleng ketika dikendarai. Ban yang kurang angin juga beresiko mudah pecah. Jika kurang angin sebaiknya isi terlebih dahulu agar tetap nyaman.

 

  1. Sesuaikan Barang Bawaan

Bukan hanya kondisi ban saja, tetapi Anda juga harus menyesuaikan barang bawaan. Hal ini biasanya tidak diperhatikan ketika Anda berencana mudik. Padahal perjalanan jauh membutuhkan kondisi ban yang prima.

 

Barang bawaan yang berlebih akan membuat ban bekerja keras karena beban yang ditampung terlalu berat. Apalagi jika Anda memuat barang yang melebihi kapasitas tampung sebuah mobil. Seleksi barang jika sekiranya tidak dibutuhkan.

 

  1. Menukar Posisi Ban dengan Rutin

Tahukah Anda bahwa ban mobil bisa ditukar posisinya? Tujuannya adalah agar keausan dari setiap ban bisa sama. Ban pada bagian depan memiliki tingkat keausan yang lebih cepat dibandingkan ban belakang.

 

Setiap 5.000 km sekali Anda bisa menukar keduanya sehingga ban depan masih tetap dalam kondisi yang bagus. Alasan kenapa ban depan sering aus karena ketika mengerem ban depan yang akan menumpu lebih berat.

 

  1. Tak Lupa Merawat Ban Cadangan

Setiap mobil sebaiknya siap sedia dengan ban serep. Anda tidak tahu kapan tiba-tiba ban mengalami kerusakan pada saat perjalanan. Supaya tidak mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak tanpa persiapan akan lebih baik untuk merawat ban cadangan.

 

Pada saat servis mobil akan lebih baik untuk mengecek kondisi ban serep. Apakah tekanan anginnya masih baik dan juga kondisinya. Jangan sampai ketika Anda mendadak membutuhkan ban cadangan, kualitasnya justru lebih buruk dari ban yang digunakan.

 

  1. Melakukan Spooring dan Balancing

Tak ketinggalan juga soal spooring dan balancing atau kelurusan ban. Perawatan ini sebaiknya dilakukan setiap 10.000 km sekali sekaligus soal rotasi ban. Ada beberapa gejala yang membuat Anda harus melakukan spooring dan balancing.

 

Ketika mobil terasa bergetar dan jalannya sudah tidak lurus, artinya Anda harus sesegera mungkin untuk memeriksakannya ke bengkel resmi. Saat spooring keempat ban mobil akan diluruskan kembali sehingga kendaraan jadi nyaman kembali.

 

Bagi Anda yang ingin melakukan spooring dan balancing ban bisa langsung datang ke Suzuki Cinta Damai Putra Bahagia. Di sini ban mobil akan langsung dicek kondisinya dan masuk ke tahapan perbaikan.

 

Jika Anda ingin melakukan rutin servis di dealer resmi Suzuki ini bisa juga melakukan booking terlebih dahulu di suzukicintadamai.co.id agar tidak mengantri lagi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar