--> Skip to main content

Perbaiki indikator ABS Avanza jangan asal pilih bengkel. Nanti seperti ini..

Selamat pagi om bro.

Sistem pengereman mobil jalan sekarang sudah banyak yang menggunakan sensor ABS. Karena memang hal ini sudah mulai diperhatikan pentingnya ABS dalam kendaraan kita, agar lebih safety dalam berkendara.

Namun, tahukah anda kalau sensor ABS juga ada usianya?

Salah satu kerusakan yang muncul adalah dengan munculnya indikator ABS menyala pada speedometer, dan hal yang harus kita cek adalah bagian bagian pada sistem pengereman kita dan modul ABS nya.

Pilih bengkel resmi atau bengkel yang memang mempunyai kompetensi dibidang ini. Jangan sampai seperti yang terjadi dengan salah satu member group Facebook ini.

Rencananya mau memperbaiki mobil Avanza yang indikator ABS nya nyala, eh malah di acak acak speedometer nya untuk jumper lampu nya.

panel indikator abs avanza
panel indikator abs avanza



Mobil saya Avanza G 2017 lampu indikator ABS nyala, saya bawa ke bengkel dan discan, menurut teknisinya dari hasil scan terbaca ABS kanan belakang yang bermasalah. Krn perbaikan memerlukan waktu maka mobil saya tinggal. Kurang lebih 5 jam, saya ditelp teknisinya bahwa mobil sudah beres dan dikirimkan video yg menampilkan lampu indikator ABS nya gk nyala lagi. 

Saya pun merasa senang karena ABS mobil tdk ada masalah lagi. Selang beberapa hari mobil saya bawa jalan malam, waktu saya menyalakan lampu jauh/highbeam, tapi led indikator lampu jauhnya tdk menyala. Saya pikir mungkin akibat saya gunakan lampu senja yang kedip2. 

Besoknya saya pasang relay set dengan harapan masalah lampu indikator highbeamnya dpt menyala lagi. Ternyata masalah tetap sama walaupun sudah pasang relay set. Kemudian saya bawa mobil ke tempat teman yang mahir oprek spedo mobil, karena saya pikir led indikator di spedonya mati. Alangkah terkejutnya ternyata lampu indikator mati karena jalur yang kepotong. 

Kenapa jalur tersebut terpotong? Diakibatkan oleh teknisi bengkel yg memperbaiki ABS sebelumnya, mengakali dengan cara menjumper led ABS ke led Power stering sehingga led indikator ABS akan padam jika led power steringnya padam. 

Pemotongan jalur dilakukan dengan acak sehingga ada beberapa jalur lain yang terpotong. Setelah dibenarkan kembali jalur2 yang terpotong, led indikator highbeam normal kembali, dan indikator ABS tetap nyala. Ternyata ABS mobil saya tetap bermasalah. 

Saya konfirmasi ke bengkel tersebut, kata teknisinya, sudah coba ganti sensor ABS dan modulnya, ABS tetap nyala. Mungkin ada saran/masukan bagi teman2 sekalian tentang kerusakan indikator ABS nyala.

Mohon maaf kepanjangan.
Trims admin.

Padahal mungkin yang rusak adalah modulnya saja dan bisa bener dengan menggantinya.

Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar