--> Skip to main content

Mau konversi ke motor listrik? Ini part yang harus di ganti.

Walaupun motor bertenaga bensin masih menjadi primadona, tapi perkembangan motor listrik juga tidak bisa di abaikan begitu saja. Selain karena dukungan pemerintah untuk konversi kendaraan listrik, sekarang juga sudah banyak bengkel yang bisa merubah dari mesin bensin ke mesin listrik.

part yang harus diganti saat konversi motor listrik


Untuk motor bensin yang ingin dirubah atau konversi menjadi kendaraan listrik, ada beberapa part yang harus diganti agar menjadi motor listrik.


1. Mesin 

Mesin motor yang menggunakan Bensin di ganti dengan menggunakan motor dinamo. Dinamo motor listrik yang terletak di hub roda tentu harus menyesuaikan dengan bentuk motornya. Harus dibuat arm utuk dudukan hub kiri kanannya.

hub motor listrik


2. Kabel-kabel.

Secara rangkaian mungkin tidak terlihat berubah, tapi kabel-kabel harus diganti karena menyesuaikan posisinya. Juga karena arus motor listrik lebih besar dari motor bensin, tentu kualitas kabel yang dibutuhkan juga harus lebih baik dari kabel sebelumnya.

kabel charget motor mobi listrik


Mungkin 2 part itu yang paling di butuhan dalam konversi motor bensin ke motor listrik, sedangkan part lainnya juga butuh diganti seperti throttle gas dan ada penambahan modul-modul listrik dan MCB.


Untuk baterai juga harus menyesuaikan letak dan posisi yang pas agar tidak menggantu ergonomis pengguna dan kemudahan dalam pergantian dan pengisian.


Hijaukan bumi..

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar