Skip to main content

Mengenal tehnologi SHVS pada Suzuki Ertiga Diesel yang membuatnya lebih irit.

Mungkin banyak diantara kita mengenal istilah idle stop selama ini hanya pada motor metik keluaran Honda. Tapi untuk mobil sepertinya belum banyk orang yang mendengarnya atau bahkan mengetahuinya karena memang istilah idle stop pada mobil baru-baru ini saja kita dengar sejak rilisnya mobil Suzuki Ertiga diesel minggu lalu.

Lalu bagaimanakan cara kerja dari idle stop pada mobil ini? apakah sama seperti pada  motor metik keluaran honda?

Suzuki Ertiga Diesel disebut juga sebagai Ertiga Diesel Hybrid SHVS yang mana untuk versi diesel kali ini Suzuki mengandalkan juga aki untuk menyokong kinerja mesin saat kendaraan stop sesaat misalnya saat di lampu merah atau berhenti sebentar. Untuk hal ini Aki yang menjadi penopang kinerja mesin selama stop, dan mesin akan kembali hidup ketika kita gas (sama halnya seperti mesin motor metik honda, mati ketika stop sebentar dan akan tetap nyala saat kita tarik tuas gas).

Lalu apakah aki akan tekor? Tentu tidak, karena untuk versi diesel kali ini Ertiga menggunakan aki standar yang lebih besar yakni 70AH atau aki seukuran truk engkel. Jadi aki akan tetap jos walaupun digunakan untuk menyalakan ac selama lampu merah atau selama idle stop. Begitu om bro. Sedangkan pada versi bensin Ertiga menggunakan 30AH atau lebih dari setengahnya.

Sebagai tambahan informasi saja mengenai apa itu SHVS adalah Smart Hybrid Vehicle by Suzuki yang mana SHVS ini memiliki 3 komponent utama yakni :

1. Mesin diesel
2. Integrated Starter Generator (ISG) atau bahasa bengkelnya dinamo ampere yang menghasilkan arus listrik pengisi AKI/
3. High Capacity Battery SHVS. Untuk kali ini menggunakan ukuran besar yakni 70AH.

Dengan sistem SHVS dari Suzuki ini ternyata Suzuki Ertiga diesel mempunyai fitur canggih yakni :
 
Regenerative Braking

Sistem Hibrid SHVS ini prinsipnya mengubah daya yang bangkit saat mobil mengerem yang mana energi kinetik saat kendaraan melambat akan di konversikan menjadi energi listrik dan disimpan pada aki berkapasitas besar

Integrated Starter Generator
 
Integrated Starter Generator disingkat menjadi ISG yakni sebuah motor listrik yang ditenagai oleh Aki berkapasaitas besar dan digunakan juga oleh mobil untuk berakselerasi, jadi kinerjanya Ertiga diesel ini kenapa disebut hibrid adalah mesin diesel dibandu oleh motor listrik. Menjadikannya lebih irit.

IDLE STOP/START SYSTEM
IDLE STOP/START SYSTEM ini seperti yang kita biasa kenal pada motor metik keluaran honda, yakni sebuah tehnologi yang akan mematikan mesin ketika dalam kondisi berhenti sesaat misalnya di lampu merah. Mesin mati tapi AC bisa tetap hidup dengan bantuan dari AKI berkapasitas besar tadi.

Untuk urusan irit, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini diklaim mampu menempuh 24,52 km per 1 liter BBM.

Spesifikasi Mesin Suzuki Ertiga Diesel Hybrid SHVS adalah

  •     Tipe Mesin D13A SHVS , mesin DIESEL ini di kembangkan bersama FIAT (info dari wikipedia )
  •     Kapasitas mesin 1248 cc
  •     Rasio Kompresi 17.6 : 1 , besar khas mesin Diesel
  •     Bore X Stroke :  69.6 mm x82 mm
  •     Power 66 KW / 88,5075 HP pada 4000 Rpm
  •     Torsi 200 Nm pada 1750 Rpm, sadis khas mesin diesel
  •     Emmission Type BS IV

Sedangkan untuk harga jual dari Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini adalah Rp 219,5 juta.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar