Skip to main content

Apakah turbo basah oli artinya harus ganti turbo? Cek part ini dulu om bro.

Banyak terjadi pada mobil yang mempunyai turbo pada mesinnya ketika mengalami turbonya basah karena oli harus mengganti sak-glundung turbonya. Hal ini lebih banyak terjadi pada mobil-mobil keluaran baru, dan vonis seperti harus ganti turbo baru juga terjadi pada bengkel-bengkel resmi. Karena mereka memang secara SOP ketika ada kerusakan adalah menggantinya bukan memperbaiki dan tidak ada jam sevice untuk explore mengenai kerusakan-kerusakan pada part.


Turbo pada captiva dan santafee harus ganti baru
PVC Valve turbo

Berbeda dengan bengkel biasa yang lebih sering explore terhadap hal-hal baru atau masalah kerusakan pada mobilnya, misalnya saja pada turbo.

Ketika kita datang ke bengkel resmi dan hasil pemeriksaan turbonya kencing alias rembes dan penuh dengan oli, maka saran dari mereka adalah ganti turbonya. Dan harus diketahui bahwa harga turbo ini tidaklah murah, harganya mencapai puluhan juta.

Padahal kalau saja mau sedikit eksplore dengan masalah internal turbo yang rembes oli bisa cek dulu pcv valvenya apakah ada kerusakan pada bagian tersebut atau tidak. Dan jika memang ada kerusakan harga gantinya tidak akan semahal kita ganti turbo sak-glundung.

Bahkan ada kasus juga pada Hyundai Santa fee yang mengalami turbo banjir dengan oli pada bagian as turbonya yang oblak dan hasil analisa bengkel resmi harus ganti turbo baru. sedangkan di bengkel ki Gentong ternyata memang ada celah gap. Ketika as turbo di naik turunkan ada celah sebanyak kurang lebih 1/2mm dan bisa naik turun.

berikut tulisan mbah gentong tentang kerusakan pada turbo tersebut :
Jadi parameter turbo rusak sehingga bocor bukan berdasarkan dari situ, akan tetapi ke suara turbo sendirri, jika ada anomali di turbo karena oblak yg menimbulkan kebocoran oli. suara turbo akan kasar ketika high rev atau rpm tinggi. Ada lebih dari 6 unit yang datang dengan wajah panik dan suruh ganti turbo assy gegara turbo penuh oli..setelah dilakukan pemasangan oct, turbo kering tidak lagi ditemukan oli di as turbo sampai sekarang pun masih bisa ber akselarasi normal.


Kit part Turbo pada captiva dan santafee harus ganti baru
Turbo kit, tanpa harus ganti turbo 1 set

Hal ini bisa saja terjadi bukan hanya pada Hyundai SantaFee tapi bisa juga pada mobil lain yang menggunakan turbo seperti Chevrolet Captiva, atau mobil jepang seperti Mitsubishi Pajero.

Suka dengan tulisan saya? silahkan share ya om bro.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar