Skip to main content

Mengenal masalah pada seal cover valve dan penyelesaiannya mobil opel chevrolet Blazer.

Kejadian busi basah dengan oli atau adanya rembesan oli pada sekitaran head mesin atau bahkan terjadi juga rembesan oli hingga memenuhi baut pada cover valve memang sering terjadi. Usia mobil yang sudah tidak muda lagi membuat hal seperti tertulis diatas sangat mungkin terjadi. Apalagi jika kita sering bongkar pasang dan cara mengencangkan bautnya tidak sesuai kaidah mekanik alias asal kencang.

Kasus paling parah dari rembesnya oli pada bagian mesin ini adalah netes sampai ke manifold dan terbakar. Selain menimbulkan bau, kasus oli terbakar juga bisa mengakibatkan mesin juga terbakar.

Penyebab munculnya rembesan oli pada mesin.

Mengenal masalah pada seal cover valve dan penyelesaiannya mobil opel chevrolet Blazer.
Seal cover valve blazer

Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya kita mengetahui penyebab dari munculnya rembesan tersebut.

Banyak hal yang terjadi adalah karena seal cover valve yang sudah getas termakan usia dan suhu dari mesin sehingga fungsi dari sealnya hilang. Penyebab lainnya bisa jadi karena rusaknya cover valve entah karena retak atau pecah saat mengencangkan bautnya.

Bahkan kesalahan saat pemasangan seal cover juga berpengaruh pada akibat rembesnya oli di bagian mesin. Terutama untuk bagian yang setengah bulatan pada seal yang sedikit melenceng dari tempatnya.

Tips menanggulangi rembesan oli pada cover valve.


Untuk menanggulangi kejadian rembesan oli pada head atau cover valve mesin, mungkin beberapa hal ini bisa kita coba lakukan.

1. ganti seal cover valve dengan yang original GM, walaupun secara harga lebih mahal. Tapi standar kualitas yang diberikan lebih tinggi daripada seal cover valve KW. Jika menggunakan merek lain juga diperbolehkan, namun mungkin usianya tidak akan seperti originalnya. Terutama ketahanan terhadap panas mesin.
2. Periksa permukaan cover valvenya. Apakah ada retakan halus atau mungkin pecah. Lebih banyak kasus terjadi retak dibagian pingginyanya. Bisa juga di akalin dengan memasang cover bagian sampingnya. Mbah beno yang jualan kalo ga salah.
3. Periksa kerataanya juga diatas kaca. Karena pernah juga ada kejadian cover valvenya melengkung akibat overheat.
4. Kencangkan baut secara merata atau sesuai SOP pengencangan baut. Kencangkan berlawanan secara bergantian dan jangan mengencangkan langsung dalam 1 sisi.
5. Gunakan lem/perekat yg hi temp 350°C jika tidak menggunakan loctite 271.

Silahkan share kepada teman-teman media sosial anda jika dirasakan artikel ini bermanfaat.
Terima kasih.

Sumber : Forum blazer indonesia
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar