Viral kondisi Dieng membeku karena dinginnnya. Embun menjadi butiran es.

Warga net hari ini dihebohkan dengan munculnya beberapa gambar dan video mengenai kondisi di daerah Pegunungan Dieng.

Dari gambar yang beredar memperlihatkan suasana embun di dataran tinggi Dieng yang membeku menjadi butiran es. Hal ini memang terlihat cantik dan indah, tapi dibalik semuanya ada duka bagi para petani karena tanamannya rusak. Ini merupakan hal yang menakutkan bagi para petani dataran tinggi, karena cuaca dingin di musim kemarau ini akan merusak tanaman mereka.

Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif di propinsi Jawa Tengah. Tepatnya berada di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letak persisnya adalah berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dataran tinggi ini memiliki ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Pada umumnya di daerah ini suhu berkisar 12—20 °C di siang hari dan 6—10 °C di malam hari. Nah ketika pada musim kemarau dimana matahari pas berada di titk jauh utara, jauh dari selatan Indonesia yaitu pada Juli dan Agustus terjadilih titik terdingin. Nah, saat itulah suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas (“embun racun”) karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Bahkan beredar juga sebuah penjelasan akan cuaca ekstrim akhir-akhir  ini

Apakah akhir-akhir ini kalian merasakan suhu udara disekitar Anda terasa dingin agak mirip kota Malang,jika jawabannya iya tahukah anda apa penyebabnya?.....
Disimak ya gaes

pada tanggal 6 Juli 2018, Bumi akan berada di titik aphelion.
Apa itu titik aphelion? Lalu berbahayakah bagi kehidupan makhluk hidup di Bumi?

Penjelasan Aphelion yang menyebabkan cuaca extrim
Penjelasan Aphelion yang menyebabkan cuaca extrim

Dalam bidang astronomi, ada sebuah istilah bernama aphelion. Aphelion berarti jarak terjauh yang dicapai Bumi dalam orbitnya mengelilingi Matahari. Sedangkan kebalikannya adalah perihelion, yaitu jarak terdekat Bumi dengan Matahari. Yap, orbit Bumi itu tidak bulat sempurna, tapi berbentuk elips.

Maka itu, akan ada waktunya Bumi berada di titik terjauhnya dan juga di titik terdekatnya dengan Matahari.
Aphelion tahun ini akan terjadi 6 Juli 2018 pukul 23.48 WIB.

Karena puncaknya terjadi saat malam hari, maka kita yang berada di Indonesia dan sekitarnya tidak bisa melihat peristiwa ini. Namun, teman-teman yang sedang berada di Amerika Serikat akan merasakannya.

Secara teori, karena berada di titik terjauhnya dengan Bumi, maka Matahari akan terlihat lebih kecil. Namun, dalam kenyataannya, perbedaan itu tidak begitu terasa. Itu karena jarak Bumi dengan Matahari saat aphelion akan berubah hanya sekitar tiga persen saja.

Maka dari itu sebenarnya Matahari akan terlihat seperti hari-hari biasa. O iya, perlu diingat, peristiwa aphelion ini tidak berbahaya bagi kehidupan di Bumi, ya.

Jadi, jangan khawatir ya gaes Ini hanyalah salah satu peristiwa langit yang rutin terjadi.


Untuk suhunya dieng mencapai 2 derajat.
suhu dataran tinggi dieng
suhu dataran tinggi dieng




pantesan saja sampai membeku semua seperti ini om bro.
embun yang membeku di dataran tinggi dieng
embun yang membeku di dataran tinggi dieng

rumput membeku di dieng
rumput membeku di dieng


Bantu support klik ya om..


0 Response to "Viral kondisi Dieng membeku karena dinginnnya. Embun menjadi butiran es."

Post a Comment

- [Order part dan aksesoris Blazer 081382239343 / D9CCCDD7]-
Untuk berdiskusi sehat, Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar.
Terima kasih.
Admin Indoblazer