Skip to main content

Serba-serbi mobil Citroen BX

~CITROEN BX 1.6 PICTURE~



Kenapa blog Blazer malah nulis mobil lain?
Jawabannya ya ga pa-pa om, sama-sama otomitif aja dan sama-sama mobil dari luar jepang.hahaha
Kali ini saya akan membahas mengenai serba-serbi mobil Citroen tipe BX.
Forum di Kaskus : http://archive.kaskus.co.id//thread/1274502/260
Salah satu blog Citroen BX Addicted :
- http://klasik.bosmobil.com/BX_Addicted__Gerombolan_Pengguna_Setia_Citroen_BX-b-4975.html
- http://citroenindo.blogspot.com/
Sementara jika kita tengok dari sejarah mobilnya, Citroen BX merupakan mobil yang sukses meraih predikat best seller di era 1980-an. Namun sayangnya, karena kala itu Citroen BX ini salah satu mobil mewah dan serta tak ada 1 Agen Pemegang Merk (APM) pun yang menangani mobil-mobil Citroen di Indonesia, maka tak heran jika saat ini nasib Citroen BX tak sebaik seperti di negara-negara lain. Populasinya pun tak begitu banyak.

Komunitas Mobil Citroen BX
BX Addicted
Sekretariat : Jalan Kebalen II. No 18 Jakarta Selatan 12180
Contact Person :
- Yulius Wibowo (Bowo) : 082125917010
- Anto Usdiyanto (Anto) : 08129658985
- Angga Yudha (Angga) : 08561050193

Masalah pada Mesin Citroen BX.
- Mesin Citroen BX overheat.
  • Jangan lupa untuk terus mengecek air radiator, karena disanalah inti dari mesin overheat. cek 2 hari sekali atau 1 minggu sekali, ketika terlihat air radiator kotor atau bau besi, segera kuras karena akan menyumbat radiator, tidak lancar dan akhirnya over heat. 
  • Pasang thermostat yang on pada suhu 70-80 derajat. 
  • Cek Extra Van, macet atau tidak sesuai setingan, service agar suhu mesin stabil.
  • Bersihkan kisi-kisi radiator agar udara tidak terhalang kotoran.
 - Olie Hidrolik LHM
  • Olie LHM ini keencerannya mirip dengan minyak goreng.
  • Dalam sebulan membutuhkan 2 liter, karena mahal atau dalam kondisi susah dan darurat bisa menggunakan olie Pertamina SAE 10.
  • Utamakan menggunakan LHM untuk keawetan selang-selangnya.
- Suspensi Hidrolik
  • Salah satu dan yang terutama dari mobil-mobil Citroen adalah sistem suspensi hidroliknya. Sistem ini memungkinkan mobil-mobil Citroen tetap terasa nyaman, bahkan bagi wanita yang mau melahirkan, sekalipun sedang melaju di jalanan yang rusak atau tidak rata. Sistem hidrolik yang digunakan Citroen adalah suatu sistem yang terintegrasi antara sistem suspensi di masing-masing roda, sistem pengereman dan sistem kemudi, yang disebut sistem pneumatic hydractive. Sistem ini terdiri dari tangki reservoir, selang-selang hidrolik yang seperti tangan-tangan cumi-cumi, pompa hidrolik, distributor (yang menyalurkan olie ke roda, kemudi dan rem), bola-bola baja berisi nitrogen tekanan tinggi di ujung pipa kaki-kaki roda dan distributor, height corrector, dan pipa-pipa ber-seal sebagai kaki-kaki roda.
  • Setiap roda bergerak secara independen, dihubungkan ke body dengan menggunakan sistem McPerson dan swing arm. Tidak ada per atau pegas satu pun untuk membantu suspensi. Oleh karena menggunakan sistem hidrolik yang khusus ini, ketinggian mobil Citroen bisa diatur dengan menggeser tuas di dekat handle rem tangan di samping pengemudi. Tidak mengherankan, jika ada banjir di jalanan, mobil Citroen tetap bisa merayap melintasi banjir seperti sebuah perahu. Jika sedang tidak digunakan atau berhenti, mobil Citroen akan seperti sedang duduk, karena kolongnya hampir menyentuh tanah. Selain itu, height corrector memungkinkan mobil tetap bisa berjalan sekalipun salah satu bannya kempes atau rodanya dicopot.
  • Sistem kemudinya yang dibantu dengan hidrolik, terasa agak berat sedikit dibandingkan sistem power kemudi mobil lain, tetapi ini bukan masalah, karena nyaman dan aman untuk semua kecepatan. Jika sedang melaju kencang di tol dan pengemudi tiba-tiba mengantuk, kemudi yang agak berat ini membuat laju mobil stabil dan tidak limbung oleh gerakan ceroboh tangan pengemudi.
- Perawatan Mesin Citroen BX
  • Olie mesin sebaiknya diganti teratur sebelum jatuh tempo pemakaian ideal. Biasanya saya mengganti olie mesin setiap 3500 km. Mesin tua seperti Citroen BX series memang harus diperlakukan extra agar awet dan performa tetap tinggi. Olie yang digunakan harus sesuai viskositasnya, yaitu SAE 15 - SAE 20, jangan terlalu rendah atau tinggi. mesin ini tidak cocok dengan olie sintetis, karena olie sintetis tidak awet untuk mesin kerja panas macam mesin Citroen tersayang kita.
  • Masalah utama mesin Citroen yang tenaganya cukup besar dan jago ngebut itu adalah sistem pendinginan mesin. Jika kita tidak rajin memeriksa air radiator dan perputaran double extra fans-nya, mesin mudah menjadi overheat dan ini berbahaya bagi cylinder headnya.
  • Bahan bakar yang digunakan idealnya adalah BBM dengan RON di atas 90 macam Pertamax atau Pertamax Plus, tetapi bensin oktan rendah (Premium) pun aman untuk dipakai sehari-hari. Tentu saja tetap ada perbedaan tenaga yang dihasilkannya. Jika menggunakan oktan tinggi, mesin menjadi sangat enteng tarikannya dan melesat cepat sekali, sedangkan jika memakai premium, akselerasinya agak berkurang. 
- Bengkel Citroen
Bengkel Citroen Motor Jl IPN No. 39, Kebon Nanas, Jakarta Timur
Telp : 021-99204800

- Biaya service rutin Citroen BX :
tune up Rp 100 ribu
overhaul Rp 1,3 juta
ganti plat kopling Rp 250 ribu, dan
memperbaiki kaki-kaki depan Rp 250 ribu.

Sumber :
- http://citroenindo.blogspot.jp/
- http://klasik.bosmobil.com/BX_Addicted__Gerombolan_Pengguna_Setia_Citroen_BX-b-4975.html
- http://www.otoblitzclassic.com/restoration/specialist/699-bengkel-citroen-motor,-spesialis-perbaiki-citroen-lawas.html

Update :
Katanya Citroen ini ga pake Radiator bang, jadi nanti kalo beli jangan sampe dikira ditipu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar