Skip to main content

Serba-serbi KIA Carnival. Keuntungan dan kerugian serta tips dalam mencari mobil Carnival yang sehat.

KIA Carnival memang pernah menjadi mobil idaman saat dulu saya sebelum membeli Blazer. Dengan bentuk yang besar dan fitur yang modern adalah point yang saat itu saya pilih. Bayangkan saja dengan harga yang tidak beda jauh waktu itu sampai sekarang sekitar 60 jutaan sudah dapat mobil dengan fitur sliding door, kursi elektrik untuk sopir dan kursi baris kedua bisa diputar 180 derajat menghadap belakang yang bisa digunakan meeting dalam mobil. Kabin luas dan yang jelas mewah adalah adanya sunroofnya yang menandakan hanya mobil mewah yang punya.

Tapi karena mendapatkan mobil Carnival yang diesel sehat sedikit susah dan gosip-gosip boros (padahal mah sama aja dengan Blazer kalau yang bensin) akhirnya gagal meminang Carnival untuk mobil keluarga saya. Padahal tuh mobil luas dan cocok untuk saya yang punya istri suka dagang di mobil dan kemana-mana harus membawa alat tempur lengkap.

Serba-serbi KIA Carnival. Keuntungan dan kerugian serta tips dalam mencari mobil Carnival yang sehat.


Kembali ke Carnival. Padahal ya sampai saat ini tulisan saya luncurkan banyak sekali pengguna Carnival yang puas dengan mobilnya. Gosip tentang ga kuat nanjak atau karena borosnya sudah bukan paradigma yang menakutkan lagi. Apalagi soal overheat yang bisa bikin kantong beneran jebol juga sudah banyak bengkel non resmi yang sudah bisa menanganinya.

Baca juga : Tips Mengatasi mobil metik yang lemot di tanjakan.

Beberapa cerita tentang kendalan mobil Carnival yang overheat memang ngeri-ngeri sedap dengernya. Dengan Mesin V8 KIA Carnival artinye mempunyai 2 silinder head, yang mana ketika mengalami overheat hebat tuh silinder head harus direpair 2-2nya jika memungkinkan atau ganti semua. Untuk silinder headnya sendiri bisa sampe 4 jutaan per 1 pc, kalau dikali dua tinggal jumlahkan saja berapa uang yang harus dikeluarkan. Belum part lainnya dan biaya jasa. Yakin bikin pusing.

Penyebab overheat sendiri kadang karena kekurang mengertinya pengguna dalam melihat kondisi  dan tanda-tanda overheat pada mesin. Padahal sensor sudah informasi tapi karena belum ngerti akhirnya dipaksa jalan sampai benar-benar mati total. Ada juga karena salah dalam mengisi air radiator. Nih sedikit saya share tips mengisi air Radiator pada mobil KIA Carnival yang benar.

Tips mengisi air radiator pada mobil KIA Carnival yang benar.

Sedikit masukan mengenai pengisian air radiator, dari beberapa informasi yang saya dapatkan, cara pengisian air radiator carnival tidak seperti mobil kebanyakan. Menurut saya sih cara pengisiannya menganut kepada mobil eropa yang ada ruang pernapasannya.
Jadi cara pengisian yang saya dpatkan itu adalah: dengan botol mineral dibelah 2 (berbentuk corong) dan diisikan air ke radiator dengan cara mesin masih dihidupkan..
Tunggu sampai airnya benar2 turun seiring dengan perputaran mesin, hal ini akan membuat tidak ada celah udara didalam saluran air pendinginan yang kadang menyebabkan gap untuk waterpump memompa air.

Overhaeting pada radiator KIA CARNIVAL BENSIN mungkin dapat terjadi apabila
 1. Radiator bocor
 2. Kebocoran pada selang karet bagian atas radiator
 3. Kebocoran pada pipa besi penghubung bagian atas radiator
 4. Kebocoran pada selang karet bagian bawah radiator

Baca juga : Inilah penyebab mobil diesel tidak kuat nanjak

Namun yang jarang terdeteksi secara cepat adalah kebocoran pada pipa pipa penghubung (terbuat dari granit/plastik) dan thermostat yang terbuat juga dari granit/plastik yang gampang rapuh bila sudah lama pemakaian. Pipa pipa granit / plastik dan thermostat ini terletak dibawah intake manifold bensin.

Disamping itu, jika kita perhatikan pada bagian atas dudukan tutup radiator, maka radiator KIA CARNIVAL BENSIN agak sedikit berbeda dengan radiator mobil pada umumnya.
Pada bagian atas dudukan tutup radiator KIA CARNIVAL BENSIN terdapat dua selang. Selang pertama berhubungan dengan bak pernapasan/pembuangan dan selang kedua berhubungan dengan thermostat….

Perlu diketahui jika kita menguras radiator ataupun radiator kosong… maka kita tidak bisa hanya mengisi air hanya melalui lubang atas tutup radiator saja… tetapi selang yang berhubungan dengan thermostat juga harus diisi dengan cara ditembak dengan menggunakan air bertekanan (pompa air listrik jetpump/ pompa air listrik biasa).

 Mengapa harus menggunakan air bertekanan (pompa air listrik jetpump/ pompa air listrik biasa)..??? karena pada waterpump terdapat “PER” yg lumayan besar. “PER” ini baru akan terbuka bila ada air bertekanan yang mengalir. Dengan demikian antara thermostat dan waterpump mobil akan terisi air…. (waterpump berada dibagian bawah agak tengah dekat tensioner/dinamo AC dan tertutup oleh timing belt).

sumber: Renbang_iwan@yahoo.com (Facebook : WaYank OrAnk)

Namun, mencari KIA Carnival dengan kondisi prima bukanlah pekerjaan mudah. Jangan terlalu percaya dengan tampilan fisik luar mobil ataupun rayuan pemilik dealer yang menjual mobil ini. Spesifikasi yang bertaraf internasional ternyata memiliki problem tersendiri jika pemilik KIA Carnival sebelumnya tidak merawat mobil dengan benar.

Tips mencari dan membeli mobil KIA Carnival yang sehat.

Jika terpikat dengan fitur KIA Carnival sebaiknya periksa dengan teliti kondisi mobil. Pertama-tama cek mekanisme pintu geser untuk penumpang belakang. Apakah pintu masih bisa dibuka dengan mudah dan pintu dapat menutup rapat rata dengan bodi. Jika pintu sudah terasa berat untuk dibuka atau ditutup atau ketika tertutup seperti ada celah dengan bagian bodi lain, Anda patut waspada karena artinya mekanisme sliding door sudah tidak berfungsi normal. Selain itu periksa juga kondisi interior termasuk sunroof. Cek apakah interior masih prima, kulit jok tidak sobek-sobek, sabuk pengaman masih rapih, dan sunroof sanggup tertutup sempurna sehingga tidak memungkinkan air hujan masuk ke dalam kabin.

Pemeriksaan selanjutnya perhatikan sistem kelistrikan mobil. Masukkan anak kunci dan putar ke tombol switch on (tapi jangan sampai mesin menyala). Perhatikan apakah semua indikator fitur pada meter cluster menyala (seperti ABS, Oli, Baterai dsb). Jika ada yang tidak menyala merupakan nilai minus untuk mboil tersebut. Cek juga sistem elektrik pada jok baris kedua apakah masih berfungsi normal. Terakhir cek motor antena radio apakah masih bisa naik turun otomatis saat audio system dinyalahkan, serta periksa juga pengaturan kaca jendela belakang apakah masih bisa diatur secara electric atau sudah rusak.

Langkah terakhir dan yang paling penting, nyalahkan mesin dan perhatikan kondisi mesin. Dengarkan suara mesin, jika terdengar kasar dan ada bunyi ngelitik, bisa dipastikan mesin bermasalah. KIA Carnival disarankan mengkonsumsi bahan bakar dengan RON diatas 90, jika pemilik sebelumnya menjejalkan mobil dengan BBM jenis Premium atau Solar biasa, maka mesin akan ngelitik dan terdengar kasar. KIA Carnival produksi awal juga punya keluhan seal yang tidak sempurna sehingga menyebabkan oli tercampur dengan radiator atau menetes. Karenanya cek apakah ada kebocoran oli, sebab jika ada yang tidak beres bisa menyebabkan mesin over heat dan merembet ke masalah mesin lainnya. Mobil pun diapstikab bakal sering mondar mandir ke bengkel.

Baca juga : Tips membeli mobil blazer yang sehat dan siap touring

Jangan sungkan lakukan test drive. Rasakan, bila stir terasa getar atau transmisi terasa menghentak atau malah responnya telat (khusus transmisi matik) ketika berpindah gigi, maka dipastikan ada masalah pada mesin dan Anda butuh biaya banyak guna memperbaikinya. KIA carnival terkenal akan kabin  yang kedap suara, karena itu jika mobil terdengar banyak bunyi-bunyian urungkan membeli karena itu pertanda ada masalah pada kaki-kaki. Tes juga fungsi rem. Banyak pemilik KIA Carnival yang mengeluhkan rem kurang pakem terutama setelah terkena air saat hujan. Bila kondisi demikian terjadi, Anda wajib mengeluarkan dana ekstra jutaan rupiah untuk servis perangkat tersebut.

Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang menjadi mobil KIA Carnival yang sehat untuk keluarga atau sedang kesusahan dalam memelihara mobil Carnivalnya.

Tulisan saya soal KIA Carnival juga :
- Swap engine blazer menggunakan mesin Carnival diesel
- Menggunakan aksesoris KIA Carnival pada Opel Blazer. Bisa ga ya?

Terima kasih sudah berkunjung.
 
Update : ternyata sampai sekarang saya belum terlaksana untuk menggunakan mesin KIA Carnival diesel ke blazer. Namun untuk sunroofnya sudah banyak yang mengaplikasikannya ke blazer, selain karena harga yang murah juga pemasangannya tidak begitu rumit.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar