--> Skip to main content

Pengalaman Mengendarai Bandit 150 Setelah 1000 Km (kekurangan dan kelebihan).

Motor Suzuki GSX 150 Bandit memang belum banyak yang punya, bahkan motor yang disebut juga Suzuki satria FU versi sport naked juga kebanyakan dibeli oleh para pecinta motor Suzuki saja, yang memang sudah mendarah daging dengan merek Yamaha atau Honda sepertinya enggan juga membelinya. Padahal brand Bandit ini sudah ada sejak lama dengan model-model moge ber-cc besar.

Nah, untuk review motor ini juga masih sedikit bahkan hanya beberapa saja. Kebetulan di Bekakas ada membernya yang mau mereview pemakaian Suzuki GSX 150 bandit ini pada kilometer yang ke 1000 pertama-nya.

Monggo kalau untuk bahan perbandingan sebelum membeli motor sport versi naked. Pilihan Yamaha Vixion, Honda CB150 atau Suzuki GSX 150 Bandit.
(tulisan dibawah ini asli dari sumber, hanya diedit penulisannya saja agar lebih enak dibaca)

Sebelumnya mau cerita dulu ya mbah kenapa saya beli bandit. Sebenarnya tu saya ngidamnya naked yang 250 mbah, tapi yang jepangan dan saat ini cuma ada 2 produk, MT 25 sama Z250, tapi karena jok keduanya model terpisah dan tinggi saya urungkan niat. Saya umur udah 30an mbah udah berkeluarga, jadi faktor kenyamanan untuk dinaiki sendiri atau sama keluarga adalah prioritas utama, memang sih motor tidak untuk selalu dipakai berboncengan terus, tapi jika suatu ketika dipakai untuk boncengan faktor kenyamanan udah tersedia. Ya mungkin kedua motor tadi bisa dimodif jok jadi nyambung tapi saya gak suka mbah modif agak ekstrim kayak gitu. Oke singkat cerita MT25 sama Z250 dicoret dari daftar.

Trus ada yang nyaranin inazuma seken, khusus untuk motor sport saya lebih demen dohc mbah.
Trus kenapa gak ambil Vixion R atau CB 150? Vixion, karena mesin msh sohc jadi enggak aja mbah. CB, desain sih oke punya saya suka 100%, tapi karena banyak problem2 yang mungkin semua kita udah tau jadi mending juga enggak aja.

Kenapa gak nunggu MT 15 yang desainnya super garang? Karena basis mesin pasti juga sama dg vixion r, selain itu desain seperti itu klo cm kelas 150cc trus yang makai bpk2 umur 30an seperti saya, kesannya kok malah kayak bapak-bapak alay gitu hehe, beda klo dikasih mesin 250cc milik mt 25, aura gagahnya baru keluar saat di pake bapak-bapak. Jadi MT 15 juga enggak saya tungguin.


Pengalaman Mengendarai Bandit 150 Setelah 1000 Km (kekurangan dan kelebihan).
Suzuki GSX150 Bandit

Dan akhirnya pilihan pun jatuh ke Bandit 150. Dibawah ini saya bandingkan dg motor saya yang lain ya mbah, vario 150 dan new beat fi.

Kelebihan :
1. Mesin dohc overbore.
2. Posisi duduk santai tapi sporty. Saya TB sekitar 165 posisi badan agak merunduk sedikit, bisa dibilang hampir tegak karena merunduknya cuma sedikit banget. Sporty karena kaki pengendara posisinya racy. Boncenger pun saya tanya gak ada keluhan. Lebih enak dibonceng bandit daripada dibonceng vario, kalo dibonceng vario, kaki agak ngangkang. Bandit gak ngangkang, sama kayak beat.
3. Sokbreker enak dan pas, gak kekerasan tapi juga gak keempukan, dibanding vario, dipake sendiri atau boncengan lebih enak bandit.
4. Performa mesin baru terasa nikmatnya kalau udah 5 ribu rpm keatas sampe rpm mentok, bikin nagih pokoknya mbah, bagi yang belum praktik langsung mungkin gak akan paham yang saya mksud mbah, raungan suara mesinnya juga nyenengin dan enak mbah, silahkan coba aja mbah karena ini harus dirasain bukan diceritain.
5. Konsumsi bensin dispido seperti difoto mbah, klo gayanya agresif pasti juga lebih boros.


Pengalaman Mengendarai Bandit 150 Setelah 1000 Km (kekurangan dan kelebihan).
Tampilan speedometer Suzuki GSX 150 Bandit. Lengkap, jelas.

6. Kualitas material dibanding dengan motor saya yang lain, bandit lebih bagus.
7. Informasi dispido lumayan lengkap dan sangat jelas terbaca saat dikendarai.
8. Rem depan belakang pakem.
9. Busa jok gak terlalu keras tapi juga gak terlalu empuk, tengah-tengah.

Kekurangan :
1. Desain. Ini yang banyak dibully orang. Saya sih gak bilang jelek ya, tapi cuma kurang nendang aja. Desain seperti CB 150 atau Vixion r, saya rasa udah cukup bagus.
2. Pas pertama pakai, banyak tetangga yang mengira verza atau megapro, dan sampe sekarang pun masih ada yang bilang seperti itu, lagi-lagi efek desain.
3. Cuma segelintir orang yang ngelirik dijalan, rata-rata pun juga anak motor, kalo orang awam jangankan ngelirik pas jejer malah saya dibleyer.
4. Banyak orang awam yang belum tahu Bandit versi moge, nah pas lihat bandit 150 ini banyak orang yang heran dan bertanya-tanya, namanya kok aneh, namanya nyeleneh bla bla bla. Mungkin karena ini pula pihak suzuki kasih nama yang agak panjang yaitu GSX 150 Bandit, kalo cuma bandit 150 aja dikhawatirkan orang awam salah persepsi, prediksi ngawaur.
5. Fotstep depan kanan kalo kesenggol kaki kadang sampe nekuk keatas dan gak balik otomatis, pas mau diinjek kok gak kena trnyata nekuk keatas, dan harus dikembalikan secara manual. Karena fotstep ini juga berfungsi sebagai jln engkolan starter.
6. Lampu led cuma headlamp aja.
7. Tuas standar samping agak pendek dan berdekatan dengan tuas standar tengah, jadi saat akan mengoperasikan standar samping kalo kepala gak ngelihat kebawah kadang salah tekan dengan standar tengah, tapi klo udah terbiasa problem ini bisa diatasi.
8. Ukuran ban depan kurang besar.
9. Tuas sein agak keras.

Mungkin cukup ini dlu aj mbah klo ada yang kurang nanti saya tambahi, ini aj nulisnya juga 1jam lebih

Motor ini akan saya jual dan ganti motor jika :
1. Yamaha ngeluarin MT25 jok tandem seperti MT versi moge.
2. Kawasaki ngeluarin Z250 RS.
Semoga 6 bulan setelah 2 produk diatas sudah ada versi bekasnya, jadi beli bekas aja hemat 10juta

Sumber : https://m.facebook.com/groups/270426516427834?view=permalink&id=1332036536933488

Kalau menurut saya sendiri sih hanya bisa secara visual saja menilai bahwa dari samping memang mirip dengan mega pro dan headlampnya mirip dengan Suzuki satria FU.

Semoga review motor Suzuki GSX 150 Bandit ini bisa menjadi inspirasi untuk kita yang sedang bingung memilih motor sport 150cc diantara Yamaha Vixion, Honda CB150 atau Suzuki GSX 150 Bandit.

Terima kasih sudah berkunjung.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar